HomeBerita Hari iniKapolres Batu bersama Forkopimda Malang Raya tanam rumput Vetiver di kawasan Gunung Banyak Pujon untuk cegah longsor

Kapolres Batu bersama Forkopimda Malang Raya tanam rumput Vetiver di kawasan Gunung Banyak Pujon untuk cegah longsor

Berita Hari ini News 0 0 likes 66 views share

Kapolres Batu bersama Forkopimda Malang Raya tanam rumput Vetiver di kawasan Gunung Banyak Pujon untuk cegah longsor

Polres Batu – Kapolres Batu Kapolres Batu AKBP Harviadi Agung Pratama Sik, M.I.K menghadiri kegiatan penanaman rumput vetiver penahan longsor dikawasan  Gunung Banyak Kota Batu bersama Forpimda Malang Raya Rabu  (19/02/20).

Kegiatan tersebut diprakarsai oleh Korem 083/BDJ dan langsung dipimpin sendiri oleh Danrem 083/BDJ Kol Inf Zainuddin dalam pelaksanaan apelnya yang juga tampak hadir pula Kapolresta Malang Kota Kombes Pol Dr Leonardus Simarmata, S.sos, S.ik M.H dan serta instansi terkait lainnya dari Pasuruan.

Orang Nomor Satu di Korem 083/Bdj Kolonel Inf Zainuddin langsung memimpin pelaksanaan penanaman tumbuhan akar wangi atau  Vetiver  di Gunung Banyak Paralayang Kota Batu

Usai melaksanakan penanaman rumput Vetiver penahan longsor Danrem 083/BDJ menyampaikan, seperti yang telah kita ketahui bersama,   rumput Vetiver memiliki akar serabut yang dapat masuk menembus tanah hingga kedalaman 6 meter dan menahan lapisan tanah serta mampu mencegah erosi dan sedimentasi, memperbaiki kualitas tanah.

Sebelumnya Korem 083/BDJ bersama Forpimda Kabupaten melaksanakan penanaman rumput Vetiver yang mana dengan tumbuhnya rumput Vetiver  akan menghasilkan kualitas air yang sehat,” ujarnya.

Ditegaskan juga olehnya, rumput Vetiver yang akan kita tanam sebanyak 7000 rumput Vetiver  fungsinya adalah untuk melindungi lahan-lahan kritis diwilayah kita.

“Jangan sampai tanah-tanah yang mempunyai kemiringan dapat terlindungi sehingga tidak mudah longsor pada saat musim penghujan,” jelasnya.

Perlu diketahui program ini menindaklanjuti arahan serta petunjuk pimpinan atau TNI bersama-sama pemerintah provinsi Jatim yang  dilaksanakan dengan mengandeng instansi terkait karena bagian dari kesiapan tanggap bencana alam,” ungkapnya.

Danrem 083/BDJ Kol Inf Zainuddin berharap  dengan kegiatan budidaya dan penanaman rumput Vetiver ini yang diinisiasi oleh Korem 083/BDJ  dan Dinas Kehutanan ini dapat meningkatkan kekuatan tanah.

“Karena rumput Vetiver ini memiliki akar yang sangat kuat dan dapat mencengkram di kedalaman tanah, sehingga sangat sempurna untuk dijadikan penahan longsor ataupun erosi, khususnya di sekitar gunung banyak yang memiliki tingkat kemiringan tanah yang sangat tinggi,” terangnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *