HomeBerita Hari iniKAPOLRES BERANGKATKAN PASUKAN PENGAMANAN TPS PILKADA SERENTAK DI TIGA KECAMATAN 

KAPOLRES BERANGKATKAN PASUKAN PENGAMANAN TPS PILKADA SERENTAK DI TIGA KECAMATAN 

Berita Hari ini News 0 0 likes 44 views share

KAPOLRES BERANGKATKAN PASUKAN PENGAMANAN TPS PILKADA SERENTAK DI TIGA KECAMATAN

Polres Batu – Sejumlah petugas gabungan yang terdiri dari personel TNI, Polri dan BKO Brimob, mengikuti Apel Pergeseran Pasukan (Serpas) dalam rangka pengamanan tahapan pemungutan suara pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Malang.

Dalam apel yang digelar di Pendopo Kecamatan Ngantang, Pujon dan Kasembon tersebut dipimpin langsung Kapolres Batu AKBP Catur C Wibowo, SIK, MH, Wakapolres Kompol Suharsono, SH dan Pamenwas Kompol Dedy Rohjadi, SH Selasa, (8/12).

Kapolres Batu  mengatakan, mulai hari ini seluruh petugas pengamanan tahapan pemungutan dan pengitungan suara Pilkada Kabupaten Malang yang mana 3 kecamatan ikut wilayah Batu akan digeser menuju TPS sesuai dengan plot masing-masing.

“Terhitung mulai hari ini sampai tanggal 10 Desember 2020.” Ujar AKBP Catur

Kapolres menegaskan tugas utama dari petugas Pam TPS adalah memastikan proses pemungutan dan penghitungan suara berlangsung aman dan lancar. Selain itu, petugas juga akan mengawal material logistik Pilkada serta melakukan pengamanan selama proses Pilkada berlangsung. Pihaknya meminta agar setiap petugas mempedomani SOP yang sudah ada.

“Petugas pengamanan harus mengetahui Kakerda wilayah tugasnya. Baik itu gangguan kamtibmas, potensi konflik maupun permasalah lainnya.” Imbuhnya

Lebih lanjut Kapolres  mengungkapkan, khusus untuk pengamanan di lokasi TPS pihaknya melibatkan 265 anggota Polri, ditambah dengan personel cadangan yang distanbykan di masing-masing Polsek dan Polres yang dapat digerakkan sewaktu-waktu untuk mem-backup.

Masih kata Akbp Catur , Pilkada tahun ini berbeda dengan sebelumnya mengingat diselenggarakan pada masa Pandemi Covid-19. Pihaknya kembali mengingatkan bahwa terdapat 15 hal baru terkait dengan penerapan protokol kesehatan selama tahapan pemungutan suara berlangsung.

Pihaknya juga meminta kepada seluruh petugas pengamanan dan stake holder terkait untuk turut serta mengawasi pelaksanannya guna mencegah paparan Covid-19 yang lebih luas.

Sementara itu, dalam amanatnya Kapolres juga meminta agar personel yang terlibat pengamanan TPS tetap semangat dan menjaga kesehatan serta tetap mematuhi protokol kesehatan. Dengan pengamanan ini pihaknya optimis Pilkada Kabupaten Malang khususnya di 3 kecamatan Pujon, Ngantang dan Kasembon tahun 2020 ini dapat berjalan lancar dan kondusif dan tidak memunculkan klaster persebaran baru.

Usai Apel, kegiatan dilanjutkan dengan penjabaran teknis pola pengamanan, penempatan personel hingga pergeseran pasukan baik TNI maupun Polri pada saat terjadi keadaan kontijensi di lapangan .

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *