One Way Hari H+3 lebaran di Kota Batu, akan dilaksanakan secara tentatif

Kota Batu – Arus lalu lintas menuju Kota Batu meningkat pada H+3 Lebaran, Selasa (25/4). Sat lantas Polres Kota Batu memberlakukan one way atau arus lalu lintas satu arah untuk mengurai penumpukan kendaraan. Namun pola semacam itu dilaksanakan secara tentative, bergantung tingkat kepadatan arus lalu lintas.

Kasatlantas Polres Kota Batu AKP Lya Ambarwati SIK menjelaskan, lalu lintas satu arah itu diterapkan di Jalan Ir Soekarno. Tujuannya untuk mengurai kepadatan di simpang tiga Pendem. Sebab, lalu lintas di simpang tiga Pendem kerap ”terkunci” ketika terjadi penumpukan kendaraan dari tiga arah.

”Dari simpang tiga Pendem, pengguna jalan akan naik ke Batu dengan pola satu arah. Sedangkan yang dari atas kita alihkan ke jalur alternatif di Jalan Oro- Oro Ombo (kawasan BNS) ataupun Jalan Wukir hingga kawasan Desa Torongrejo,” bebernya.

Lya menjelaskan, jajaran Satlantas Polres Batu akan terus memantau pergerakan lalu lintas menuju kota wisata itu. Salah satu titik pantau utama adalah exit tol Singosari. Ketika terjadi kepadatan di Karanglo, biasanya kendaraan dari exit tol itu akan dialihkan. Namun jika masih tetap terjadi penumpukan, maka akan diberlakukan lalu lintas satu arah ke Kota Batu.

”Untuk mengurai kepadatan, penerapan satu arah akan dilakukan selama satu jam. Perkiraan akan dilakukan pada siang hari. Sebab, mayoritas kepadatan lalu lintas dan orang berwisata puncaknya dari pagi hingga siang,” terang Lya.

Saat ini arus lalu lintas di Jalan Ir Soekarno sangat lancar saat diberlakukan arus satu arah. Pola one way itu diterapkan mulai dari simpang tiga Pendem hingga Jalan Dewi Sartika, tepatnya di depan Pasar Induk Among Tani Kota Batu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *