Ciptkan Situasi malam yang kondusif, Personel Polres Batu keliling temui masyarakat

Kota Batu – Dalam rangka meminimalisir bentuk pelanggaran, kejahatan, gangguan kamtibmas, dan tindak pidana/pelanggaran hukum di wilayah hukum Polres Batu, Jawa Timur, Kapolres Batu AKBP Oskar Syamsuddin telah menginstruksikan kepada seluruh anggota Polri untuk melaksanakan kegiatan patroli secara periodik, terutama pada jam-jam rawan, terutama pada waktu malam hari.Minggu (16/7/23)

Kegiatan patroli ini bertujuan untuk menjaga ketertiban, menjamin keamanan umum, dan memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat. Selain itu, anggota Polri diharapkan juga memberikan pelayanan kepada masyarakat yang akan melaksanakan ibadah atau berkunjung ke tempat-tempat keramaian. Kapolres Batu juga menekankan pentingnya sinergi antara Polri, TNI, dan seluruh lapisan masyarakat dalam menjaga keamanan dan ketertiban di wilayah hukum Polres Batu.

Seluruh anggota Polsek jajaran, Satuan Fungsi Samapta, dan Satuan Lalu Lintas (Sat Lantas) menindaklanjuti arahan Kapolres Batu dengan melaksanakan kegiatan patroli dan sambang pada jam-jam tertentu secara periodik. Sasaran patroli kali ini meliputi area ATM, pompa bensin, dan toko emas. Selain itu, patroli juga dilakukan di tempat ibadah, sekolah, tempat pertokoan, perbankan, tempat wisata, pemukiman penduduk, serta titik-titik rawan lainnya seperti jalan arteri perbatasan desa dan kota.

Dengan melaksanakan patroli secara periodik, kehadiran anggota Polri dapat memberikan efek jangka panjang yang positif terhadap keamanan dan ketertiban masyarakat. Beberapa manfaat dari kegiatan patroli ini antara lain:

  1. Pencegahan Kejahatan: Kehadiran anggota Polri secara aktif di wilayah rawan dapat mencegah potensi terjadinya kejahatan. Patroli dapat mengurangi peluang pelaku kejahatan untuk beraksi, mengintimidasi mereka, dan menciptakan rasa ketidakpastian bagi para pelaku kejahatan.
  2. Respons Cepat: Dalam hal terjadi situasi darurat atau kejadian yang memerlukan intervensi segera, kehadiran anggota Polri yang sedang melakukan patroli dapat memberikan respons cepat. Hal ini dapat membantu mengurangi kerugian dan risiko bagi masyarakat.
  3. Membangun Kemitraan dengan Masyarakat: Melalui kegiatan patroli, anggota Polri dapat berinteraksi langsung dengan masyarakat setempat. Ini dapat membantu memperkuat hubungan antara polisi dan masyarakat serta membangun kepercayaan dan kerjasama dalam upaya menjaga keamanan dan ketertiban.
  4. Deteksi Dini: Patroli yang dilakukan pada jam-jam rawan dapat membantu dalam mendeteksi tanda-tanda awal potensi kejahatan atau gangguan kamtibmas. Anggota Polri dapat mengamati pola-pola perilaku mencurigakan dan melaporkannya kepada pihak yang berwenang untuk tindakan lebih lanjut.
  5. Memberikan Rasa Aman kepada Masyarakat: Keberadaan anggota Polri yang terlihat di wilayah rawan pada malam hari dapat memberikan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat. Hal ini penting untuk meningkatkan kualitas hidup dan kesejahteraan masyarakat secara umum.

Kegiatan patroli secara periodik pada jam-jam rawan, Polres Batu Polda Jatim berusaha untuk menjaga ketertiban dan menjamin keamanan umum di wilayahnya. Namun demikian, upaya ini juga perlu didukung oleh partisipasi aktif masyarakat dalam melaporkan kejadian yang mencurigakan atau membantu pihak kepolisian dalam menjaga keamanan dan ketertiban.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *