Polres Batu mengajak Masyarakat Persiapkan Diri Sebelum Ujian karena Lintasan Uji Praktek SIM sudah diubah

Kota Batu – Mulai hari hari ini Senin (7/8/2023) materi ujian praktik SIM C sudah tidak lagi memakai lintasan angka 8. Namun lintasan untuk salah ujian praktik mendapatkan SIM tersebut diganti dengan perlintasan huruf S.

Hal itu juga berlaku di seluruh jajaran Satuan Penyelenggara Administrasi (Satpas) SIM di seluruh Kepolisian yang ada di Indonesia termasuk di Mapolres Batu.

Kasat Lantas AKP Lya Aabarwati membenarkan adanya keputusan yang diambil oleh kepolisian dalam hal ini Korlantas Polri.Namun demikian, Kasat Lantas menegaskan kembali terkait kepengurusan Surat Ijin Mengemudi (SIM), agar pemohon lebih menyiapkan diri untuk menghadapi ujian.

Karena menurut AKP Lya gagalnya pemohon SIM dalam melaksanakan ujian karena ketidak siapan dalam mengikuti ujian dan meminta agar pemohon SIM belajar dan berlatih dahulu sebelum mengikuti tes dengan memanfaatkan lapangan yang ada di sore hari.

“Polri menghimbau agar pemohon sim menyiapkan diri dalam menghadapi ujian untuk mendapatkan SIM,” tegas Lya .

Sementara itu lanjut Kasat Lantas, para pemohon SIM tetap akan melalui mekanisme Ujian Teori  yang meliputi Undang undang lalu lintas dan etika berkendara.Ujian Teori adalah penilaian terhadap tingkat pengetahuan dan pemahaman mengenai peraturan perundang-undangan di bidang lalu lintas.

“Ini meliputi teknis dasar Ranmor, cara mengemudikan Ranmor, dan tata cara berlalu lintas bagi peserta uji dan juga bertujuan untuk menilai penguasaan terhadap materi persepsi bahaya, wawasan dan pengetahuan dalam berlalu lintas,” paparnya

“Kalau Ujian Praktik adalah penilaian terhadap tingkat kemampuan dan keterampilan mengemudi Ranmor dan berlalu lintas di jalan bagi peserta uji,” tutup Lya

Seperti yang Nampak hari ini , Senin (7/8/23) masyarakat berbondong bondong mengikuti ujian praktek sekaligus mencoba lintasan ujian SIM C yang baru di Mapolres Batu dengan antusiasme tinggi untuk lintasan baru ini sekaligus menyambut baik upaya yang dilaksanakan oleh Polri.

Sementara itu menurut Nirina Firda Aulina salah seorang peserta ujian yang telah dinyatakan lulus, dirinya merasa sangat terbantu dengan Lintasan yang baru dan mengucapkan terima kasih kepada bapak Kapolri.

“ Terima kasih kepada Bapak Kapolri sehinga saya merasa terbantu sekali dengan perubahan lintasan yang baru ini, sekali lagi terima kasih,” ucap Nirina

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *